Sunday 2 November 2014

MENJELAJAHI KERAGAMAN KULINER HALAL ALA KAKI LIMA DI HONG KONG



Hong kong memang identik dengan kemewahan dan shopping di pusat perbelanjaan ternama. Tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke Hongkong hanya untuk memanfaatkan event big sale yang memang sering diadakan oleh pusat perbelanjaan internasional. Tetapi di balik gemerlap kota dan kemewahannya, Hong kong menyimpan pesona kuliner yang tidak kalah memukaunya.

Kali ini kami akan membahas secara khusus keragaman kuliner ala kaki lima sebagai bagian dari Tour Hong Kong yang unik.

Pertama adalah Put Chai Ko. Bentuknya menyerupai puding beras berwarna putih dan rasanya manis gurih dengan perpaduan sedikit aroma susu. Penganan satu ini aslinya berasal dari daerah Taishan, 150 km barat Hong Kong dan dibawa masuk ke Hong Kong oleh para imigran Cina. Menjadi salah satu snack paling populer yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Biasanya Anda akan menemukan kedai yang menjual Put Chai Ko di sepanjang jalan daerah Kowloon, Hong Kong.

Tidak lengkap rasanya bila bertandang ke Hong Kong namun tidak mencicipi menu Dim Sum yang menjadikan nama Hong Kong terkenal ke seantero dunia. Sejatinya, Dim Sum adalah rangkaian sarapan yang diperuntukkan bagi kaisar Cina. Namun ditangan koki-koki terbaik Hong Kong, penganan kecil ini menjadi sesuatu yang amat lezat dan mampu membuat lidah menari. Hampir semua tempat Tour Hong Kong menjual penganan ini. Ada ratusan menu yang dapat Anda pilih. Mulai dari siomay, hakkau, kei chak, pa pao fan, kaki ayam masak bumbu merah, bakpao dengan berbagai macam isian hingga Tan Ta – tart telur panggang yang menjadi ciri khas dim sum ala Hong Kong. Jangan lupa juga mencoba sepiring Cheung Fan, lumpia unik yang terbuat dari kulit beras tipis diisi dengan daging ayam, udang dan potongan bawang daun, dikukus hingga matang. Biasanya disajikan dengan saus kecap asin.

Bagi Anda yang beragama Islam, Anda dapat mengunjungi Islamic Centre Canteen di Masjid Ammar daerah Wanchai yang menyajikan menu Dim Sum halal. Seluruh koki yang bertugas sudah dibekali dengan kemampuan mengolah makanan halal. Kantin kecil ini juga menjadi pusat pertukaran informasi seputar Islam dan ajang sosialisasi bagi para pemeluk agama Islam di Hong kong.

Bila Anda berkunjung ke tempat Tour Hong Kong pada festival musim gugur maka Anda wajib mencicipi kue bulan atau yang kerap disebut yue bing. Hampir semua kedai dan restaurant di Hong Kong akan menjual kue yang terbuat dari adonan pasta kacang merah ini. Isinya sendiri bervariasi mulai dari rasa tradisional yakni pasta biji Lotus hingga rasa teh hijau. Nikmatilah dengan secangkir teh oolong pahit panas sembari melihat bulan purnama dan keriaan festival Musim Gugur yang berlangsung di sepanjang jalan-jalan utama Hong Kong.














Unknown Web Developer

No comments:

Post a Comment