Tuesday 11 November 2014

Komunitas Super Unik di Yogyakarta




Yogyakarta merupakan salah satu ibu kota istimewa di indonesia. yogyakarta berada di tengah pulau jawa, apabila kalian dari jakarta ke yogyakarta maka akan membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam. yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang terkenal hingga mancanegara. yogya juga memiliki komunitas yang sangat unik yang hanya dapat ditemukan di kota ini. berikut beberapa komunitas unik di yogyakarta.

PODJOK (Pagoejoeban Onthel Djogjakarta)

Didirikan pada tahun 2006, komunitas ini terdiri dari para pecinta sepeda onthel yang berdomisili di Yogyakarta. Bermula dari 3 anggota, saat ini PODJOK sudah memiliki sekitar 450 anggota se-DIY. Tentu saja, para anggota yang tergabung dalam komunitas ini harus memiliki sepeda onthel. Tujuan dari komunitas ini adalah mencegah global warming, dan melestarikan budaya, dan mengembangkan pariwista lokal.

PADMADITYA (Pelestari Audio Lama dan Radio Tabung Yogyakarta)


Padmaditya (Foto: wartakota)

Komunitas ini dibentuk pada tahun 2011, dimana PADMADITYA ingin melestarikan audio lama sebagai dokumentasi sejarah. Sekitar 50 lebih radio antik telah dikoleksi oleh komunitas ini seperti merk Philips, Erres, Blaupunkt, Telefunken, Robin, dan lain sebagainya

Jogja Endang Club


Jogja Endang Club (Foto: klik)

Bermula dari sebuah buku tamu di sebuah hajatan banyak terdapat nama Endang, maka Endang Syahbenol mendirikan sebuah komunitas yang bersyaratkan harus memiliki nama Endang. Melalui rubrik “Surat Pembaca KR” pada tahun 2004, Jogja Endang Club (JEC) mampu mengumpulkan beberapa nama yang kemudian dinobatkan menjadi anggota dari komunitas ini. Karena antar anggota memiliki nama yang sama, maka nama tersebut ditambah dengan nama profesinya. Misalnya: Endang Penjahit, Endang Dokter Gigi, dan sebagainya. Selain mengadakan gathering, komunitas ini juga kerap mengadakan beberapa program seperti: bakti sosial, mendukung produk-produk dalam negeri, dan lain-lain.

J TOKU


J-Tokusatsu (Foto: JTOKU)

Berawal dari kegemarannya terhadap superhero, pada tahun 2000 komunitas ini berdiri. Ya, J’Toku meskipun pada tahun 2005, komunitas ini sempat bubar kemudian sebagian anggotanya beralih untuk melangkah ke arah bisnis. Bermarkaskan di Jalan Batikan, Celeban, Umbulharjo, Yogyakarta, komunitas ini membidangi langsung dalam pembuatan kostum, studio, dan film. Beberapa karya telah melambungkan nama J’Toku baik dalam skala nasional maupun internasional. Produk-produknya seperti: Pocongman, Darkaman, Bornman, dan lain sebagainya.

Jogja Astro Club


Jogja Astro Club (Foto: Mutoha)

Komunitas yang bergerak dengan hobi meneliti astronomi ini berdiri pada tanggal 1 Juli 2005, dipelopori oleh Mutoha AR. Dengan membawa misi “Bringing Astronomy to the People”, komunitas ini berusaha untuk membumikan astronomi di Indonesia agar bidang ini diminati oleh para masyarakat kita. Beberapa penelitian sudah dilakukan oleh komunitas ini. Selain itu, Facebook Jogja Astro Club dan kafeastronomi.com adalah salah satu media edukatif yang sudah dibangun oleh komunitas ini. (sumber)
Unknown Web Developer

No comments:

Post a Comment